Kesenian Berpakaian Kimono Asal Jepang

Kesenian berpakaian Kimono asal Jepang adalah salah kesenian dari negri Sakura yang mana banyak sekali sudah yang mengenal nya dari seluruh dunia. Jika kalian adalah salah satu orang yang sangat menyukai kesenian Jepang pastinya sudah mengetahui bagaimana wujud dari pakaian yang satu ini. Ciri khas dari pakaian ini hanya akan kalian temukan dari negri Sakura tersebut.

Banyak sekali acara kesenian dan juga tradisi yang bisa kalian temui yang berhubungan dengan pakaian yang satu ini. Sejak jaman dulu hingga sekarang, pakaian ini menjadi salah satu yang banyak sekali diperbincangkan oleh banyak orang di seluruh dunia. Termasuk di tanah air sendiri, berpakaian Kimono tidak boleh sembarang mengenakannya.

Kesenian Berpakaian Kimono Asal Jepang

Kimono sekarang banyak ditemukan digunakan bukan hanya di Jepang saja, namun juga dibanyak negara didunia. Indonesia juga banyak menyukai berpakaian menggunakan pakaian kimono tersebut. Bangsa Jepang sendiri sangat bangga dalam mengenakan pakaian ini, hal tersebut terbukti dari penggunaan kimono yang selalu dikenakan setiap kali jika negara tersebut sedang memperkenalkan negara Jepang kepada banyak negara.

Baca artikel lainnya: KESENIAN INDONESIA YANG MAMPU BERSAING DIKANCA KESENIAN DUNIA

Mulai dari sejarah dan kepopuleran nya hingga sekarang, akan kita bahas dalam artikel singkat kali ini. Kalian yang adalah para penggemar negara tersebut pastinya harus membaca semua informasi yang ada dalam artikel singkat kali ini.

Sejarah Kesenian Berpakaian Kimono

Kimono yang mempunyai arti dua kata yaitu ki “pakai” dan juga mono “barang” ini adalah kata yang di gunakan sebagai kata pakai barang. Kata ini juga merujuk pada pemakaian suatu barang yang mudah dipakai. Yang sama hal nya dengan pakaian yang mudah untuk digunakan. Pakaian khas Jepang ini dulunya hanya bisa dan boleh dikenakan oleh mereka para bangsawan saja. Hanya mereka yang mempunyai keturunan bangsawan yang bisa mengenakan pakaianan Kimono ini.

Sejarah Kesenian Berpakaian Kimono

Jika kalian juga memperdalam kisah dibalik lahir nya baju legendaris yang satu ini. Maka akan banyak sekali fakta yang menarik yang akan kalian dapatkan dengan mengetahuinya. Sedangkan pemakaian jubah atau baju untuk mereka kaum masayarakat biasa hanya mengenakan pakaian yang hampir mirip dengan pakaianan Kimono tersebut.

Layaknya di Indonesia, pakaianan tradisional asal Jepang ini juga banyak mengalami perubahan dari jaman ke jaman. Sama hal nya dengan negara Asia yang lainnya dimana pakaianan tradisional mengalami perubahan seiring mengikuti perkembangan jaman yang ada. Dan tahukah kalian jika pemainan baju Kimono ternyata tidak hanya digunakan oleh para kaum wanita saja. Walaupun tampak nya Kimono sangat mirip dengan pakaian wanita, namun bangsa Jepang wanita maupun laki-laki rupanya sama-sama mengenakan pakaian tersebut.

Perbedaan Antara Pakaian Pria Dan Wanita

Walaupun sama-sama mengenakan pakaian yang sama, namun akan ada perbedaan yang bisa dilihat dengan jelas antara Kimono Pria dan Wanita. Diantarannya adalah, Kimono pria mempunyai ciri dan bentuk seperti setelan sedangkan Kimono untuk wanita berbentuk terusan.

Perbedaan Antara Pakaian Pria Dan Wanita

Untuk penggunaan nya sendiri, pakaian ini selalu menggunakan ikat pinggang yang diikatkan pada bagian pinggang pengguna nya. Pengikatan itu dilakukan dengan tujuan memeperkuat Kimono terpasang kepada tubuh.

Selain sabuk ternyata ada lagi yang menjadi ciri khas dari pakaian tersebut. Yaitu sabuk kain dan juga alas kaki yang selalu dikenakan. Alas kaki yang saat digunakan tersebut menggunakan Kimono biasanya disebut dengan Zori atau Geta. Seiring dengan lajunya perkembangan jaman banyak sekali negara yang sudah mengenali pakaian yang satu ini asal nya dari negri Sakura, Jepang.