Kesenian Tradisional Khas Sumatera Utara Yang Terkenal

Kesenian tradisional khas Sumatera Utara memang sudah banyak yang mengetahuinya. Dimana Indonesia yang salah satunya memiliki banyak sekali kesenian yang bisa dipamerkan kepada seluruh dunia ini salah satu nya adalah kesenian tradisional dari Sumatera Utara. Kesenian yang datangnya dari provinsi Sumatera ini sudah banyak yang mengenalnya dengan musik Gondang nya yang paling populer dari daerah tersebut.

Kesenian Tradisional Khas Sumatera Utara Yang Terkenal

Musik ini banyak sekali dibawakan pada perayaan-perayaan keadatan. Musik yang namanya sama dengan alat musik yang di gunakan tersebut dimainkan jika hendak melakukan acara-acara keadatan dari suku Batak Toba. Jika membicarakan tentang adat Sumatera Utara, pastinya yang menjadi pokok pembahasan adalah suku Batak Toba yang ada di Sumatera Utara tersebut. Batak Toba adalah suku yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara dan adalah suku yang menggunakan Gondang sebagai salah satu ciri khas dari alat musik yang digunakan.

Baca artikel lainnya: LEGENDA MUSISI TULI MENGHASILKAN MAHA KARYA TERHEBAT DALAM SEJARAH

Penggunaan alat musik yang sama dengan musik yang sebutkan sebagai “Margondang” ini tidak sembarangan dimainkan. Memainkan musik ini hanya akan dilakukan pada acara adat saja. Dan yang memainkan nya juga bukan sembarangan orang, akan ada yang ditunjuk dan sejak dulu memang sudah berhak untuk memainkan alat musik ini.

Menganal Kesenian Tradisional Khas Sumatera Utara

Kesenian tradisional yang satangnya dari provinsi Sumatera Utara ini bukan hanya dari alat musik dan musik yang dibawakan itu saja. Kamu juga harus tau jika SUMUT juga terkenal dengan tari Tor Tor Batak nya yang sudah dikenal di seluruh penjuru nusantara. Mendengar tari Tor Tor, pastinya yang ada dibenak kita pastinya adalah sekelompok orang yang melakukan tarian-tarian sambil diiringi dengan alunan gondang musik yang juga sedang dimainkan.

Menganal Kesenian Tradisional Khas Sumatera Utara

Jika kita juga melihat banyak orang yang melakukan tarian Tor Tor tersebut. Mayarakat Batak Toba biasanya akan memanggil dan menamai nya dengan “Manortor” yang dilakukan nya hanya jika ada acara adat batak saja. Melakukan tarian ini diiringi dengan alunan musik yang berasal dari gondang dan dinamakan sebagai margondang. Tarian Tor Tor ini sudah banyak yang mengenalnya dari dalam negri maupun juga dari luar negeri.

Hal tersebut dikarenakan banyak sekali turis yang datang ke Indonesia yang mau belajar dan mengetahui lebih tentang tari yang satu ini. Banyak juga masyarakat yang selalu memperkenalkan tarian tersebut ketika mereka sedang melakukan perhelatannya waktu sedang melancong ke negri orang. Masyarakat Batak pada umumnya tidak akan malu untuk memperkenalkan tradisi tari tersebut kepada dunia.

Sejarah Tari Tor Tor

Dulunya tarian ini hanya akan dimainkan jika ada perayaan keagamaan saja, namun dijaman sekarang kalian akan banyak menyaksikan jika tarian ini juga dilakukan untuk merayakan pernikahan dan juga perayaan yang lainnya juga. Dengan banyak nya perubahan yang terjadi dijaman sekarang ini, membuat banyak perubahan yang terjadi atas tarian tersebut juga.

Sejarah Tari Tor Tor

Tarian yang diiringi dengan musik khusus Gondang ini juga dilakukan nya dengan menggunakan busana khusus yang dipakai oleh setiap penarinya. Busana yang dikenakan oleh seluruh penarinya ini merupakan busana khas adat masyarakat Batak yang juga banyak dikenal diseluruh dunia.

Tor tor ini juga banyak dilakukan di acara-acara pesta dan upacara-upacara keagamaan yang bisa juga kita lihat banyak dilakukan diperantauan oleh masyarakat Batak yang pergi merantau. Perayaan tari tor tor yang bisa mudah kalian dapatkan adalah disaat sedang pergantian tahun. Dimana tarian ini tidak akan pernah terlewatkan oleh masyarakat yang merayakannya.