Legenda Musisi Tuli Menghasilkan Maha Karya Terhebat Dalam Sejarah

Legenda musisi tuli mungkin akan langsung tertebak khususnya bagi pencinta musik klasik karena perjalanan hidupnya sangat membekas di hati kita. Namanya adalah Beethoven, seorang pegiat seni musik paling hebat sepanjang sejarah manusia yang pernah hidup dan nyata kisahnya di muka bumi.

Alkisah, suatu hari seluruh pengunjung memadati Teater Vienna hingga berdesakan hanya demi satu hal: menonton pertunjukan Beethoven. Bukan sembarang acara, karena sang komposer sekaligus pemimpin acara tersebut telah vakum sekian lama hingga menyentuh angka dua belas tahun lamanya ia menghilang dari jagat hiburan.

Legenda Musisi Tuli Menghasilkan Maha Karya Terhebat Dalam Sejarah

Setelah cukup lama menyembunyikan diri, pada akhirnya Beethoven bertekad menggelar sebuah pagelaran orkestra terbesar di dunia bahkan hingga detik ini. Inilah dia, sang maestro naik dengan langkah kaki tenang dan postur tubuh tegap penuh percaya diri seraya melangkah menuju podium kebanggaannya selama ini.

Kali ini ia telah menyiapkan posisi sembari membelakangi para penonton, secara tiba – tiba publik dibuat terpukau oleh perbuatan Beethoven yang memberikan kejutan luar biasa. Secara konsisten tanpa henti ia menggerakan tubuhnya penuh enerjik seolah hasrat telah mengendalikan tubuhnya secara sempurna, sementara tangannya melambai memimpin pergerakan musik.

Saking bersemangatnya, ia seakan masuk dalam kondisi trance sehingga tidak menyadari bahwa musik sudah berakhir, namun tangannya masih saja bergerak. Salah seorang penyanyi berjalan menghampirinya, menepuk bahunya, sehingga buyarlah Beethoven dari konsentrasinya, begitu terkejut saat membalikkan tubuh ternyata tepuk tangan riuh telah memenuhi Teater Vienna. Tidak banyak penonton tahu, bahwa ketika itu Beethoven sudah mencapai kondisi di mana pendengarannya hampir menghilang secara total.

Legenda Musisi Tuli Menorehkan Prestasi Yang Terus Dikenang Sepanjang Masa

Bukan tanpa alasan mengapa Beethoven mendapat julukan sebagai seorang legenda musisi tuli, berkaitan dengan pagelaran malam hari itu. Sesungguhnya, merupakan sebuah keajaiban apabila acara dapat terselenggara dengan luar biasa euforianya, mengingat begitu banyaknya segala keterbatasan dari segala aspek yang berpotensi menimbulkan kekacauan.

Penonton berdecak kagum, tak henti – hentinya bertepuk tangan karena ingin menonton pertunjukan tersebut sekali lagi dari awal. Mereka sama sekali tidak mengetahui bahwa sang konduktor merangkap komposer pada saat itu sudah tuli, karena tidak akan ada yang mempercayai bahwa karya sepanjang dan serumit itu dapat dipimpin tanpa kemampuan pendengaran yang baik.

Legenda Musisi Tuli Menorehkan Prestasi Yang Terus Dikenang Sepanjang Masa

Kisah awal kehidupannya pun masih misterius, kecuali sebuah catatan yang menyatakan bahwa estimasi kelahiran Beethoven adalah sekitar 250 tahun lalu di Jerman. Memiliki kepribadian yang sangat kompleks, penuh kontradiktif, menjadikannya seorang komposer yang kuat dalam hal imajinasi serta setiap karyanya penuh hasrat liar secara luar biasa.

Meski lahir di Jerman, Beethoven justru mendapat pengakuan sebagai salah satu musisi terhormat paling hebat di Wina, bersandingan dengan Mozart, Haydn, Schubert, hingga Vivaldi, semuanya telah masuk jajaran legenda musik dunia. Kontribusinya sangatlah besar dalam dunia musik klasik, Beethoven sangat jenius karena telah mengadakan revolusi seputar teknik suara dan permainan volume dalam sebuah pagelaran musik.

Rasanya karya Beethoven serupa tingkat kesakralannya dengan kesenian asal Lamongan patung mengkok yang berasal dari dalam negeri kita yaitu Indonesia. Penuh ambisi, serta memiliki keyakinan kuat bahwasanya musik adalah sarana mengekspresikan segala macam gagasan hingga perasaan terdalamnya, begitulah apa yang ada di dalam benak Beethoven saat sedang bermusik.

Membawa Musik Naik Ke Tahapan Lebih Tinggi Sebagai Sebuah Seni

Bagi Beethoven sang legenda musisi tuli, musik sejatinya lebih daripada sekedar hiburan semata, melainkan punya makna mendalam jika kita peka terhadapnya. Berkat prinspinya itulah, ia merupakan sosok juru kunci yang ikut berkontribusi menaikkan derajat para pelaku musik pada masanya sebagai profesi terhormat dan memiliki reputasi mencengangkan hingga ke seluruh penjuru dunia.

Berbanding terbalik dengan prestasinya, kehidupan pribadi Beethoven dari kata kebahagiaan dan penuh konflik karena sibuk bertarung melawan dirinya sendiri. Ia terkenal seorang yang temperamen, sangat egois, jauh dari kesan ramah, narsis, kacau balau, gagal dalam percintaan, penuh curiga, berujung pada kecanduan alkohol tingkat tinggi.

Legenda Musisi Tuli Membawa Musik Naik Ke Tahapan Lebih Tinggi

Beethoven dilaporkan memiliki segudang gangguan terkait kondisi kesehatannya yang terus menghantui seluruh hidupnya bahkan ketika ia telah sukses menjadi seorang maestro. Bisa jadi, karakternya yang begitu sulit adalah cerminan dari penderitaannya dalam menahan segala macam kesakitan karena mengidap penyakit baik dari segi fisik maupun psikologis, membuatnya susah menikmati kebahagiaan sepanjang sisa hidupnya.

Namun, begitulah cara dunia bekerja, seperti apapun citra buruk mengintai rekam jejak anda, tetap saja prestasinya begitu besar sehingga menutupi segala kekurangan yang ada. Hingga masa sekarang, masyarakat di seluruh dunia menolak untuk melihat fakta mengenai kelakuan minus Beethoven, dan lebih memilih untuk memandangnya sebagai seorang master yang mengabdikan seluruh hidupnya demi sebuah seni mulia bernama musik melebihi segalanya.